Soy Tu Duena Episodes and Clips, Watch Soy Tu Duena Videos Free Soy tu dueƱa capitulo Movie Telenovela Amor Real.

Pages

Friday, December 14, 2007

Dalam Bahasa Indonesia Atau In English?

Dalam Bahasa Indonesia Atau In English?


Beberapa waktu lalu rekan Arham mengutarakan kegundahannya, tentang blognya yang berbahasa Inggris yang jarang mendapat komentar.


oh ya mas, mo tanya kan web saya pake english, trus kenapa web yang pake indo lebih mudah dapet comment yah..



Yang jadi pertanyaan, apakah memang untuk ngeblog [personal] kita harus menggunakan bahasa Indonesia agar dikomentari orang? Lalu, seberapa pentingkah sebenarnya komentar itu sendiri? Mari coba kita telaah *sok ilmiah*



Kenapa Blog Blogger Indonesia Yang Berbahasa Inggris Jarang Mendapatkan Komentar?


Dengan ngeblog dalam bahasa Inggris, secara tidak langsung kita telah mempersempit target market blog kita ke kelompok pembaca blog yang mampu berbahasa Inggris. Dan jika kita mengharapkan untuk mendapatkan komentar, sekali lagi kita mengecilkan pasar ke wilayah orang-orang yang mampu berbahasa Inggris secara aktif.


Masalahnya, meskipun kebanyakan pengguna internet mampu memahami tulisan berbahasa Inggris, tidak semua berani mengemukakan pendapatnya dalam bahasa tersebut. Termasuk saya :) Jika benar-benar gatel ingin berkomentar, saya lebih memilih menuliskannya dalam bahasa Indonesia.


Jangankan blogger biasa seperti kita-kita ini, tulisan-tulisan dari seleb blog sekelas Fatih Suhud pun tidak banyak mendapatkan komentar. Begitu pula mbak Jennie S. Bev, postingan-postingannya yang berbahasa Inggris rata-rata mendapatkan lebih sedikit komentar dibandingkan yang berbahasa Indonesia.


Solusinya?


Jika tetap ngotot ingin menulis dalam bahasa Inggris dengan target pasar lokal, mau tidak mau ya seperti itu resikonya. Toh Anda ngeblog bukan semata ingin mendapatkan komentar, melainkan karena ingin dapat duit dari AdSense ngeblog kan? Lagipula, untuk beberapa kasus, semisal dengan kualitas postingan yang wahid dan mungkin juga kontroversial, mendapatkan komentar dalam jumlah banyak bukanlah mimpi kok.


Namun jika Anda tidak keberatan untuk berpindah pasar, ada beberapa langkah dasar yang dapat ditempuh.



  1. Sering-sering blogwalking ke blog-blog lain yang berbahasa Inggris dan berkomentar di sana.

  2. Bermain ping-pong dengan blog-blog lain yang berbahasa Inggris.


Saya sendiri lebih memilih ‘menjual’ blog ini di pasar lokal. Kalau pun nanti ingin berpindah ke lain hati, saya gunakan lapak yang lain. CosaAranda.net dan CosaAranda.info masih nganggur kok. Atau mending diparkir aja ya.


PS:

(1) Tentang komentar dibahas lain kali saja ya :)

(2) Gambar diambil dari http://www.cartoonstock.com



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 10 December 2007. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...