Soy Tu Duena Episodes and Clips, Watch Soy Tu Duena Videos Free Soy tu dueña capitulo Movie Telenovela Amor Real.

Pages

Wednesday, February 20, 2008

Riyeke Ustadiyanto: “Blogging Itu Perlu, Kaya Itu Perlu”

Riyeke Ustadiyanto: "Blogging Itu Perlu, Kaya Itu Perlu"


Mendengar nama seorang Riyeke Ustadiyanto pasti akan terbayang situs MarketBiz.Net dan SeoKita.Com. Ya, beliau adalah orang yang berdiri di belakang kedua situs tersebut. Dunia bisnis internet, khususnya SEO, sudah digelutinya selama bertahun-tahun, sehingga kemampuannya tidak perlu diragukan lagi. Selain aktif mengadakan seminar dan pelatihan — salah satunya adalah event inovatif Indonesia Bootcamp — pak Keke, panggilan akrab beliau, juga sibuk mengkampanyekan konsep “Sell Your Own Product”, khususnya kepada pihak-pihak UKM di Indonesia. Saya sendiri sudah pernah bertemu langsung dengannya di Surabaya pada bulan September lalu, dan pandangan serta visi dan misi beliau akan kemajuan bisnis internet Indonesia cukup mulia. Nah, bagaimana prediksi pak Riyeke terhadap bisnis internet Indonesia di tahun 2008 ini?


Sebelumnya, sebagai catatan, wawancara berikut ini diadakan melalui YM, sehingga pertanyaan-pertanyaan yang diajukan lebih mengalir dibandingkan kedua wawancara sebelumnya yang dilakukan via email. Namun secara keseluruhan, topik bahasan tidak berbeda jauh.




Bagian berikut ini sama persis dengan jawaban yang diberikan oleh narasumber, tanpa ada bagian yang diubah / dimodifikasi, kecuali penambahan tautan (jika ada), koreksi typo, dan format tulisan (cetak tebal, miring, dll).

Bagaimana pendapatnya tentang perkembangan bisnis internet di tahun 2007 lalu?


Perkembangan secara keseluruhan bisnis di internet banyak mempersiapkan secara infrastruktur, baik sdm maupun tools yang akan di gunakan bisnis online. Itu perkembangan yang saya amati selama th 2007. Masih banyak masyarakat yang masih bingung apa yang harus dilakukan untuk berpindah mindest dari bisnis offline ke bisnis online


Berarti secara keseluruhan untuk di indonesia, bisnis internet di tahun 2007 masih dalam tahap “pematangan konsep”?


Yup…. mereka butuh informasi sebanyak banyaknya mengenai contoh sukses dan bentuk kegagalan di bisnis online. Mereka tidak mau mengalami keruntuhan dotcom seperti diawal tahun 2000an


Untuk tahun 2008 bagaimana? apa masih stagnan di posisi ini atau akan mulai berkembang ke arah “action”?


Saya melihatnya masih stag, untuk international target masih jalan ditempat. Insya allah untuk local market sudah mulai bertumbuhan. Internasional market untuk bisnis online masih sulit dilakukan karena kebijakan dari pemerintah sendiri masih kurang mendukung untuk bersaing dengan negara tetangga misal, Cina….Vietnam. Negara tetangga kita tersebut, cost export bisa lebih murah karena kebijakan pemerintahannya yang mendukung, jadi ketika mereka mengonlinekan bisnisnya… ya ok ok ajah :)


Tapi untuk UKM sendiri, berarti sudah mulai berani untuk meng-online-kan produknya, meskipun pasarnya masih terbatas ke pasar nasional?


Yup…. setidaknya itu harus dilakukan untuk bentuk presure kepada pemerintah, bahwa ada perundang undangan yang lebih di mudahkan untuk melintas batas jualan ke negeri lain lewat internet. Dan th. 2008 ini saya berharap banyak kepada para netter dan expertise untuk bisa saling bekerja sama membangkitkan mindset jualan online. Semata mata untuk meningkatkan devisa, memperluas lapangan kerja. Kalo bisa kita gak usah export tenaga kerja lagi deh :) semuanya bisa kita awali dari sini


Kalau dari sisi blog bagaimana? Make money from blog. Bagaimana kira2 perkembangannya di tahun 2008 nanti?


Wah itu juga bagian yang harus kita galakkan. Setidaknya mengurangi pengangguran dan berusaha untuk menjadi lebih baik, mencari uang halal itu gampang :)


Hehehe, padahal yg pake cara gak halal dari blog jg banyak loh pak


Gak papa… itu sebagian dari proses pendewasaan berbisnis online. Khan mereka sudah merasakan akibatnya di ban… dan saya dulu juga pernah melakukan hal itu,…. semuanya adalah proses untuk menjadi yang lebih baik. Berhati hati dalam mengelola bisnis online :) Setidaknya th. 2008 perkembangan semakin seru, kelanjutan dari pematangan konsep di th. 2007.


Seiring dng makin banyaknya yg melek akan potensi bisnis online ini yah?


Yup


Oh iya, masih dari sisi blog, apa nanti Google AdSense akan tetap jadi primadona?


Secara pribadi saya melihat GA mungkin tidak senikmat dahulu karena banyaknya akses cari duit lebih banyak yang di tawarkan di internet yang mengakibatkan pro dan kontra dalam aplikasi cari duit online. Misal…. ketika baru baru ini ada temen temen yang kena ban di parked, temen temen GA surak sorai…. karena agak lancar dikit jari duitnya :) Blog saya yang bhs inggris ajah saya pasang adsense dengan tujuan, netter lebih mengkap cari info yang dibutuhkan


Apa kondisi “saling berseberangan” ini salah satu bukti bahwa pebisnis internet lokal masih belum mempunyai mindset yg matang dalam berbisnis? karena bagaimanapun, yg namanya kompetisi kan akan selalu ada di semua lini bisnis


Bagi saya secara pribadi…. kadang saya agak kurang setuju dengan asumsi cepat kaya di internet, karena orang indonesia semuanya cepet kaya dengan cepat….Nah itu sebenarnya bumbu bumbu orang bisa cari duit di internet sengan metode menawarkan kaya mendadak… (jujur… saya mau juga seh tapi…..) Ketika kondisi berseberangan dan melihat aturan aturan mbah google maupun om yahoo mulai ketat, akhirnya kita menghalalkan segala cara, akhirnya ada yang merasa kesenggol dan kesrempet :) wajar dong kalo kesrempet protes….


Tapi inilah kondisi sebenarnya…. Saya berharap blogger di 2008 ini mengajak cepat kaya di internet tapi bekerja keras. Bukan tidur tidur dapet duit seperti anggapan banyak orang saat ini. Mungkin faham “Bekerja Cerdas!” itu yang harus di tanamkan.

Di internet kita bisa dapatkan semuanya, hanya mereka yang bekerja dengan cerdaslah yang bisa dapet duit banyak :)


Koyo njenengan ini….. cerdas!


Tapi sepertinya agak susah ya… meskipun banyak yg sudah woro-woro, tetep aja pikiran untuk kaya secara instan gak bisa langsung dibuang…


Itu normal… karena ketika kita berpikir bahwa kedahsyatan internet seperti itu… pastilah kita akan kaya. Cuman banyak yang lupa……. menuju kesana juga pake keringat. Hanya saja…. kalo kerja di bisnis offline keringatnya satu ember… kalo di internet keringetnya satu mangkok… tapi tetep ajah keringetan :)


Jadi inget komentar seseorang… “bikin mie instan aja tetep harus masak” :)


Yoiiiiiiiii. Blogging itu perlu, kaya itu perlu…. kalo semua orang di indonesia tahu caranya mencari uang di internet, insya allah eskalasi demo buruh bakalan berkurang. Semua ujung ujungnya adalah ekonomi. Kekuatan negara ini semuanya harus di topang oleh “ekonomi dan pertahanan”. Di tahun 2008 ini semoga ekonomi kita bangkit, tentunya internet sebagai pemicu utama akan kebangkitan ekonomi negara ini. Dan hanya itulah cara paling hemat, cerdas dan anti korupsi.


Mana nanti yang akan lebih berkembang, berjualan produk orang lain (affiliate) atau berjualan produk sendiri?


Yang berkembang adalah jualan produk sendiri karena animo masyarakat menyadari ekspansi produk sendiri melalui internet. Saya melihat indikasinya pada mulai tumbuhnya online store dan online catalog di indonesia, baik yang market lokal maupun internasional. Dan secara pribadi, saat ini saya sedang menggalang kekuatan bersama industri internet di negeri ini untuk kampanye SELL YOUR OWN PRODUCT, semata mata untuk meningkatkan daya saing export kita maupun lintas transaksi dalam negeri. Salah satunya yang sudah mendukung adalah indosatm2. Tinggal bantuan teman teman ajah untuk bisa saling berkolaborasi.


Apa kira2 akan membawa perubahan terhadap persaingan bisnis offline?


Yup, jelas bgt. Mungkin kita bisa belajar dari industri di cina. Internet marketing disana memang jadi andalan untuk pemasaran internasional. Nah… bagaimana dengan kita? Semua memang harus di perjuangkan secara bersama sama, seperti halnya negeri cina dalam mendukung gerakan bisnis online di negaranya.


Berarti “belajarlah sampai ke negeri cina” memang benar ya?


Hu uh :)


Sip pak. Ini pertanyaan terakhir. Bagaimana harapannya bagi dunia bisnis internet Indonesia di tahun 2008 ini? Dan apa ada pesan2 khusus bagi pebisnis internet indonesia?


Harapan bisnis online 2008 adalah…. semakin berkembangannya jasa penyedia infrastruktur bisnis online di Indonesia. Misal: online payment (bank swasta dan pemerintah masih bengong semua lihat perkembangan ini), bisa lebih agresif menangkap peluang dan pemerintah menyediakan perundang undang dan fasilitas yang jelas tentunya.


Pesan untuk pebisnis di internet: semakin keras dalam berusaha, ingat…. bisnis online modal utamanya adalah knowledge dan ketekunan. Dengan begitu, insya allah perekonomian kita semakin baik dengan makin bergairahnya orang berbisnis dengan cerdas di internet.


Aminnn. Thanks ya pak buat interviewnya :)




Usaha dan kerja keras. Mungkin itu yang ingin ditekankan pak Riyeke kepada siapa saja yang masuk dalam bisnis internet. Sesukses apapun seseorang, pasti ia pernah melalui kedua tahapan tersebut. Sehingga lupakan saja yang namanya langsung-sukses-tanpa-usaha. Seorang Michael Dell saja dulunya jualan komputer door-to-door kok. Jadi, yuk di tahun 2008 ini kita lupakan semua mimpi-mimpi yang ada dan mulai take action.


Yukkk mariiii ayuk



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 10 January 2008. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...