Soy Tu Duena Episodes and Clips, Watch Soy Tu Duena Videos Free Soy tu dueña capitulo Movie Telenovela Amor Real.

Pages

Friday, May 30, 2008

Bisnis Internet Modal Dengkul

Saat sedang membolak-balik lembaran buku-buku make money online terbitan lokal, saya beberapa kali menemukan kata-kata “modal dengkul”. Tidak, kali ini saya tidak akan menghujat kok :) justru sebaliknya, saya jadi berpikir. Sebenarnya, mungkin gak sih kita bisa masuk ke bisnis internet dengan benar-benar bermodal dengkul alias tanpa mengeluarkan uang sepeser pun?


Jika jawabannya ada dan caranya dengan membuat blog atau situs, itu jelas salah, karena bagaimanapun kita harus mengeluarkan biaya untuk mengakses internet. Kecuali jika jabatan kita sebagai penjaga warnet atau kita bebas utak-atik komputer dengan menggunakan koneksi internet milik kantor tempat bekerja sekarang.


Di luar itu, kalau sampai kita mengeluarkan uang sedikit saja, berarti sudah bukan modal dengkul lagi. Ya kan?


Yang paling mudah adalah apabila kita memiliki skill dan kita kenal dengan beberapa pebisnis internet. Kita dapat menawarkan kemampuan kita pada mereka, misalnya membuat desain atau menuliskan content berbahasa inggris, dan gajinya kita kumpulkan sebagai modal untuk membuat situs kita sendiri dan menawarkan jasa secara lebih global. Berikutnya kita bisa memanfaatkan pemasukan dari jasa tersebut sebagai backup untuk masuk ke dunia bisnis internet yang lain, seperti AdSense, paid review, dan sebagainya.


Yang tidak punya skill khusus bisa meniru pengalaman salah seorang enterpreneur lokal (maaf, saya lupa siapa orangnya). Ia melobi beberapa pihak dan mengadakan suatu event tanpa ia harus keluar uang sedikitpun di muka. Kewajiban ke pihak-pihak tersebut baru ia lunasi setelah event selesai.


Cara di atas bisa ditiru dengan membuat acara-acara seminar atau workshop bisnis internet. Kita dapat melobi kawan-kawan kita yang memiliki warnet misalnya, untuk menyelenggarakan acara workshop di warnet miliknya. Untuk trainernya bisa dicari yang tidak memasang tarif dan rela berbagi keuntungan. Nantinya, dari acara tersebut, kita sendiri juga dapat belajar dan mendapat ilmu tentang bisnis internet. Modal di dapat, skill pun meningkat.


Untuk detilnya mungkin akan saya tuliskan di postingan berikutnya. Tapi, jika ada masukan, pendapat, atau usulan cara kerja bisnis internet yang benar-benar bermodal dengkul, silahkan disampaikan di komentar ya :)



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 29 May 2008. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...