Soy Tu Duena Episodes and Clips, Watch Soy Tu Duena Videos Free Soy tu dueƱa capitulo Movie Telenovela Amor Real.

Pages

Thursday, September 11, 2008

Katakan Dengan Header

Maaf, tentang plugin All-In-One di-skip dulu, mungkin besok atau lusa aja. Lagi males bikin screenshot soalnya, hehehe *alesan* Yang ini masih berhubungan dengan header kok. Hanya saja, setelah sebelumnya yang dibahas adalah jeroannya header, sekarang kita akan membahas tampilan luarnya. Apa sih sebenarnya fungsi dari header? Kenapa header berpengaruh terhadap trafik situs Anda? Bagaimana kriteria header yang baik? Semua tuntas dibahas setelah pesan-pesan berikut ini :)


Seperti sudah diketahui, dalam sebuah tatanan halaman situs web, header adalah bagian yang berada di atas. Kepalanya halaman. Bagian tersebut seringkali berisi judul dan slogan situs, logo, gambar pendukung, serta menu navigasi.


Selain untuk meletakkan elemen-elemen di atas, header sebenarnya berperan penting dalam membangun kepercayaan dan kepuasan pengunjung situs Anda. Kenapa? Karena header adalah bagian pertama yang dilihat oleh pengunjung pada saat situs Anda mereka kunjungi. Kalau dari appetizer (header) saja sudah bikin ilfil, sudha tentu akan sulit untuk menggugah hasrat pengunjung terhadap main course (content situs) yang disajikan.


Percayalah, istilah “kesan pertama begitu menggoda” tidak hanya berlaku di iklan, tapi juga di saat menjelajah situs-situs web.


Bayangkan jika Anda berkunjung ke situs yang bertajuk “Cat Lover” tapi di bagian headernya justru terpampang gambar kucing lagi dimutilasi (seperti di Untraceable). Serem kan? Kecuali yang bersangkutan memang psikopath, saya yakin akan lebih banyak yang langsung menutup jendela browsernya apabila mengalami kejadian seperti itu.


Sebuah header yang baik tentu saja akan membuat pengunjung merasa nyaman pada saat melihatnya. Minimal, mereka tidak merasa bete bete ah, basi basi lo, hehehe. Tapi lebih baik lagi apabila suatu header dapat mencerminkan kepribadian dari situs yang bersangkutan.


Mungkinkah? Jelas mungkin lah, masa’ mungkin dong.


Saya banyak kok menyaksikan situs-situs yang headernya tidak hanya berhasil membangun first impression, melainkan juga menunjukkan personality dari situs tersebut. Contohnya? Cari sendiri aja deh :)


Ngomong-ngomong, bagaimana dari sisi SEO-nya?


Dengan berpegang pada patokan bahwa crawler mesin pencari akan membaca isi dari suatu halaman dari atas ke bawah, maka sebaiknya:



  1. Letakkan judul halaman / situs dan slogan (tidak harus) pada bagian header dengan menggunakan tag heading H1 (judul) dan H2 (slogan).

  2. Letakkan kata-kata atau kalimat yang mengandung kata kunci utama pada bagian header, termasuk judul dan slogan.

  3. Hindari menambahkan elemen-elemen yang tidak penting pada bagian header.

  4. Hindari menggunakan gambar header berukuran besar. Jika terpaksa, pecah gambar tersebut menjadi beberapa bagian atau load gambar tersebut di belakang layar (menggunakan CSS background).


Semoga bermanfaat :)



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 10 September 2008. Artikel ini disponsori oleh LowonganPekerjaan.Net, situs penyedia informasi lowongan kerja terbaru. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah isi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...