Soy Tu Duena Episodes and Clips, Watch Soy Tu Duena Videos Free Soy tu dueƱa capitulo Movie Telenovela Amor Real.

Pages

Thursday, December 27, 2007

Hasil Eksperimen Mengenai AutoBlog (Studi Kasus)

Hasil Eksperimen Mengenai AutoBlog (Studi Kasus)


Dalam beberapa artikel lalu, maupun pada saat memberi jawaban di komentar, saya menyebutkan bahwa ada salah satu situs saya yg 80% hingga 90% isinya berupa copy-paste. Situs itu adalah WiiHaa.Com dan merupakan situs eksperimen saya selama hampir 1 tahun ini. Saya sengaja “membeberkan” tentang situs ini sekarang karena proses percobaan akan berakhir bulan depan dan keseluruhan isinya akan saya hapus. Tapi sebelumnya, mari disimak terlebih dahulu hasil dari eksperimen tersebut.



Ngomong-ngomong, sebelum dilanjutkan, perlu diberitahukan bahwa artikel ini ditulis pada tanggal 10 Mei 2007 dimana 99% bagian dari artikel tidak mengalami perubahan. Selama ini ngendon di dalam Draft karena isinya terus-terang rawan kontroversi. Hari ini saya putuskan untuk mempublikasikannya karena saya yakin pembaca blog ini telah cukup dewasa untuk menanggapi artikel seperti ini. Semoga :)

Dasar


Dasar dari eksperimen yang saya buat adalah untuk melihat dan membuktikan sendiri apakah tehnik copy-paste secara otomatis (auto-blogging) masih dapat digunakan atau tidak. Untuk topik, sengaja dipilih tentang Nintendo Wii karena topik tersebut pada saat itu merupakan “the next big thing“, sehingga memiliki potensi pengunjung yang cukup besar. Sedang untuk bahannya (sumber copy-paste) adalah situs-situs game yg ternama, seperti Gamespot, Nintendo, dan sebagainya.


Implementasi


Situs dibuat dengan platform Wordpress dan memanfaatkan plugin WP-AutoBlog milik Elliott Back (sudah tidak tersedia lagi karena banyak diprotes). Plugin saya modifikasi dengan menambahkan dukungan terhadap tagging, sehingga secara otomatis akan melakukan pengkopian content dan sekaligus tag-and-ping. Mantap ya? :)


Untuk menghindari sweeping dari Google dan sedikit upaya kamuflase agar tidak dituduh sebagai splog, saya juga melakukan posting secara manual. Posting-posting yg (semi) orisinil ini lah yg muncul di halaman depan. Sedangkan hasil dari autoblog hanya saya munculkan pada kategori tertentu dengan menggunakan plugin Category-Visibility.


Untuk program money maker, saya memajang AdSense, Amazon, Chitika, dan Mamma Media.


Wiihaa screenshot Images


Lebih jelasnya, silahkan berputar-putar saja di situs WiiHaa.Com. Baru akan saya “putihkan” pada bulan Juni kok.


Hasil


Mungkin ini bagian yang ditunggu-tunggu… bagaimana hasilnya sampai saat ini?


Saya akan fokuskan pada Google AdSense saja dan jumlah total nominal yg didapatkan hingga saat artikel ini ditulis adalah $194. Ada kemungkinan nilai ini bisa mencapai 2x lipatnya karena secara efektif situs hanya online selama 6-7 bulan saja. Entah kenapa, server hosting yg dipakai untuk situs ini sering mendapat masalah dan mengakibatkan situsnya down. Mungkin karena karma.


Nah itu dari sisi uang. Sekarang bagaimana dengan statusnya di mesin pencari?


Well, dari sekitar 6900 halaman yg ter-index, 6800 diantaranya terkena Supplemental Result, hehehe. Dari statistik pengunjung yang tercatat di ExtremeTracking, bisa disimak sendiri bahwa trafik semakin lama semakin berkurang karena efek duplikasi konten. Dan pada akhirnya, hanya halaman-halaman yg berisi posting orisinil yang bisa bertahan.


Kesimpulan


Saya serahkan bagian ini pada masing2 individu yg membaca artikel ini. Yang jelas, saya yakin dua kesimpulan berikut akan membawa ke dua pendapat yg bertentangan.


Kesimpulan A: Hingga saat artikel ini ditulis, Copy-paste dan autoblog bisa menghasilkan uang.


Kesimpulan B: Situs berbasis copy-paste dan autoblog hanya bisa bertahan sesaat.


Yang mana yang Anda pilih, saya tidak akan ikut campur. Toh saya juga sudah mengambil keputusan. Tapi yang saya tahu dan pernah saya alami adalah, saat paling berat bagi manusia dalam mengambil keputusan adalah pada saat sesuatu yang tidak baik tampak paling menggiurkan. Ditawarin free sex misalnya. Ups.


Update: Artikel ini sama sekali tidak bertujuan untuk menyarankan / menganjurkan untuk melakukan kopas. I just want to reveal the truth. Saya tidak peduli Anda melakukan kopas atau tidak, tapi apabila iya, lebih bijaksana apabila tidak mengkopas artikel / situs milik teman-teman Anda sendiri (baca: sesama webmaster dan publisher AdSense Indonesia) secara ilegal. Jangan fren makan fren ah :) Dan satu lagi, untuk hasil terbaik, artikel orisinil tetaplah jalannya.


PS:

(1) Free sex tadi hanya contoh. Sayangnya belum pernah ada yang nawarin ke saya, hehehe.

(2) Gambar diambil dari http://www.cartoonstock.com



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 25 December 2007. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...