Soy Tu Duena Episodes and Clips, Watch Soy Tu Duena Videos Free Soy tu dueƱa capitulo Movie Telenovela Amor Real.

Pages

Monday, December 10, 2007

Pengaruh Perubahan Theme Terhadap SEO

Pengaruh Perubahan Theme Terhadap SEO


Pertanyaan dari Syaifudin Zuhri:


redesain pada sebuah blog juga situs secara radikal apa berpengaruh pada search enggine? dan kalao bertahap seperti cosaaranda.com ini(redesain secara bagian perbagian/ serta navigasi tempatnya tidak berubah banyak) apa lebih menguntungkan?



Pertanyaan seperti ini sebenarnya sudah pernah sedikit saya singgung di sini, tapi tidak ada salahnya jika kita bahas lagi. Yuk mari.


Yang pertama harus kita pahami adalah, crawler search engine akan membaca isi suatu halaman situs web dengan acuan atas-bawah kiri-kanan. Ini sebabnya, dari sudut pandang SEO, sangat penting untuk meletakkan content utama kita di bagian atas dan di sebelah kiri.


Yang kedua, crawler tidak membaca output dari halaman yang bersangkutan, melainkan kode HTML dari halaman tersebut. Ini pula sebabnya sekarang sebagian crawler mesin pencari, termasuk Google, sudah dapat membaca content yang ada di dalam form dan Javascript.


Dari kedua patokan di atas, maka jelas terjawab bahwa perubahan theme akan berpengaruh terhadap SEO dari situs web yang bersangkutan, apabila secara struktur kode HTML terjadi perubahan yang signifikan antara desain web lama dengan desain yang baru.


Untuk studi kasus, perhatikan kedua gambar berikut:


Denah Lama Images Denah Baru Images


Keterangan: Biru: Header | Kuning: Content | Hijau: Content Tambahan | Merah: Footer


Sebelah kiri adalah ‘denah’ dari desain halaman depan blog ini yang lama, sedangkan yang kanan tentu saja desain yang baru. Terlihat, meskipun ada sedikit perubahan dari tampilan situs dan struktur content, secara keseluruhan struktur kode HTML-nya tidak berubah sehingga alur pembacaan content oleh crawler (yang ditunjukkan dengan tanda panah) hampir sama.


Perhatikan bahwa penggunaan atribut tulisan yang berbeda — seperti tag H1, huruf tebal, dan sebagainya — pada theme lama dan theme baru akan berpengaruh terhadap SEO. Jika Anda pengguna theme gratisan, dan sering berganti kulit dari theme satu ke theme yang lain, kemungkinan besar akan berpengaruh terhadap SEO situs atau blog Anda. Penyebabnya ya itu tadi, meskipun secara struktur dan tampilan hampir sama, namun atribut tulisan seringkali berbeda.


Yang terakhir, apabila memang terjadi perubahan, berapa lama waktunya hingga perubahan yang terjadi mulai berpengaruh terhadap SERP situs Anda? Jawabannya, tidak dapat dipastikan secara tepat, namun berkisar antara 1 minggu hingga 1 bulan, tergantung dari jumlah backlink yang dimiliki oleh situs Anda dan seberapa sering crawler mesin pencari berkunjung ke sana.


Moral ceritanya, ganti baju gak ada salahnya. Lagipula, kalau baju yang sama terus-terusan dipakai kan jorok namanya, hihihi. Tapi ingat, cari baju yang cocok dan ukurannya pas. Dan jangan nyolong baju tetangga yang sedang dijemur ya kembar


PS: Gambar diambil dari http://www.cartoonstock.com



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 3 December 2007. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...