Soy Tu Duena Episodes and Clips, Watch Soy Tu Duena Videos Free Soy tu dueƱa capitulo Movie Telenovela Amor Real.

Pages

Monday, March 10, 2008

Direct Advertising - Bagian 3

Direct Advertising - Bagian 3


Akhirnya, sampai juga ke bagian terakhir dari mini seri artikel mengenai Direct Advertising di blog atau situs Anda. Setelah sebelumnya membahas mengenai dasar dari Direct Advertising beserta persiapan implementasinya, di bagian ketiga ini akan dibicarakan tentang tips dan trik mengoptimalkan penghasilan dari Direct Advertising pada situs atau blog Anda. Hampir semua langkah yang disarankan sudah terbukti dan terpercaya hasilnya, plus tambahan beberapa tips yang belum sempat saya implementasikan namun seharusnya merupakan hal yang wajib dikerjakan. Untuk follow-up-nya nanti, akan ada tutorial instalasi aplikasi OpenX (sebelumnya OpenAds) dan RevSense (jadi dibeli di CosaAranda.Biz untuk periode bulan Maret 2008 loh). Jadi bagi yang belum daftar, buruan daftar yah :)



Siapkan Halaman Pre-Sell


Halaman Pre-Sell yang dimaksud di sini adalah halaman yang memuat berbagai informasi utama tentang penawaran Direct Advertising di situs atau blog Anda. Halaman Pre-Sell haruslah dibuat se-informatif dan sejelas mungkin agar calon pemasang iklan menjadi tertarik dan berminat untuk membeli iklan di situs atau blog Anda.


Beberapa hal yang wajib dicantumkan:



  • Deskripsi blog atau situs Anda. Jelaskan topik utama dari blog Anda (kalau pun blog gado-gado, tuliskan topik yang paling sering Anda bahas). Tidak perlu secara detil, yang penting dapat memberi gambaran mengenai produk apa yang cocok untuk diiklankan di blog Anda.

  • Statistik pengunjung blog atau situs Anda. Ini mencakup jumlah pengunjung unik harian, jumlah total impresi per bulan, statistik demografis pengunjung, dan bahkan profil pengunjung jika memungkinkan (profesi, jangkauan umur, jenis kelamin, dan lain-lain). Apabila situs atau blog Anda menggunakan program tracker, berikan tautan kepada log tracker tersebut agar pemasang iklan juga dapat mengeceknya.

  • Alexa Rank, PageRank, dan Technorati Rank. Meskipun tidak semua pemasang iklan memahami (dan mempedulikan) kegunaan tiga parameter ranking ini, namun sebaiknya sertakan pula informasi mengenai Alexa Rank, PageRank, dan Technorati Rank situs atau blog Anda.

  • Alasan mengapa memasang iklan di situs atau blog Anda menguntungkan bagi advertiser. Ajukan alasan-alasan yang dapat membuat calon pemasang iklan lebih yakin untuk beriklan di situs Anda. Manfaatkan sebaik-baiknya 2 poin di atas untuk “menjual” situs Anda.

  • Aturan direct ads yang berlaku di blog atau situs Anda. Misalnya, iklan produk atau situs apa saja yang diterima / ditolak, boleh tidaknya pemasang iklan mengganti iklannya di kemudian hari, dan sebagainya.

  • Jenis/ tipe / format direct ads yang tersedia. Cantumkan format-format direct ads yang Anda tawarkan, beserta ketentuan / aturan spesifik dari masing-masing format iklan jika ada.

  • Harga iklan dan metode pembayaran. Sertakan pula daftar harga yang tawarkan, termasuk metode pembayaran yang Anda terima. Sebaiknya sertakan alternatif pembayaran melalui Paypal atau E-Gold karena keduanya sudah menjadi alat transaksi yang sering digunakan di Indonesia.
    Bazazlaut pada komentar ini menyarankan untuk TIDAK mencantumkan harga pasti tentang iklan kita. Silahkan baca sendiri untuk mengetahui alasannya (masuk akal kok), dan silahkan tentukan sendiri pilihan Anda, mau mencantumkan harga atau tidak :)


  • Informasi kontak. Ini yang penting. Jangan sampai Anda tidak menyertakan informasi yang dapat digunakan oleh pemasang iklan untuk mengkontak Anda. Sangat disarankan untuk mencantumkan nomer telepon Anda karena masih banyak pemasang iklan yang lebih suka untuk mengkonfirmasi atau sekadar bertanya-tanya terlebih dahulu secara langsung meskipun informasi yang ada sudah cukup jelas.


Ada satu yang perlu diingat. DON’T LIE! Apalagi dengan statistik pengunjung Anda. Ingat kata-kata Benjamin Disraeli (yang dipopulerkan oleh Mark Twain, si pengarang tersohor itu):


There are three kinds of lies: lies, damned lies, and statistics.



Mudah (dan menggoda) sekali untuk membohongi publik dengan statistik situs Anda. Tinggal edit sedikit, jadi deh log pengunjung yang 10x lipat dari aslinya. Namun apa gunanya apabila nanti advertiser kecewa, merasa tertipu, dan menyebarkan berita ke blogosphere bahwa tawaran iklan dari blog Anda hanyalah janji manis di atas mulut berbisa.


On the other hand, DO WHITE LIES! Alih-alih mengatakan bahwa jumlah pengunjung Anda 3x lipat dari sebenarnya, beritahukan saja 2/3 atau 3/4 angkanya. Meskipun terlihat lebih sedikit, advertiser nantinya akan merasa lebih senang karena hasil yang ia dapatkan JAUH lebih baik dari yang Anda tawarkan. “Exceed their expectation“, kata para pemasar.

Custom Ads / Bulk Ads / Discount Ads


Ada kalanya advertiser menanyakan ketersediaan format iklan tertentu yang tidak kita tawarkan. Atau pula, minta agar iklannya diletakkan di posisi tertentu. Selama permintaan mereka tidak merusak kenyamanan dan keindahan blog Anda, tidak ada salahnya untuk menerima. Lumayan kan buat nambah-nambah beli krupuk? :)


Selain itu, jangan lupa untuk memberikan diskon apabila ada advertiser yang berminat untuk membeli dalam jangka waktu panjang atau membeli beberapa format iklan sekaligus. Jangan pelit-pelit :)


Tawarkan pula diskon untuk pelanggan lama. Di blog ini misalnya, meskipun harganya naik, pemasang iklan tetap bisa membeli spot iklan dengan harga pada saat mereka terakhir membeli, selama itu continous order dan hanya berlaku untuk iklan durasi bulanan.


Iya, paragraf di atas itu sekalian promosi, hehehe.


Statistik Iklan


Selain statistik pengunjung, menyediakan statistik iklan bagi advertiser tidak kalah pentingnya. Itu sebabnya aplikasi-aplikasi pihak ketiga seperti OpenX dan RevSense sebaiknya digunakan. Cara install OpenX? Ya sabar dong, kan sudah dibilang menyusul :)




Ada beberapa bagian yang sebelumnya sudah terekam di otak untuk dituangkan ke bagian terakhir mini seri artikel Direct Advertising ini namun tiba-tiba hilang. Jadi, jika ada yang merasa ada topik pembahasan yang terlewat, mohon disampaikan di komentar ya :)



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 7 March 2008. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...