Soy Tu Duena Episodes and Clips, Watch Soy Tu Duena Videos Free Soy tu dueƱa capitulo Movie Telenovela Amor Real.

Pages

Monday, March 10, 2008

Optimasi Plugin Stat Dengan Memanfaatkan Remote Database



Entah sudah keberapa kalinya beban akses database saya dipermasalahkan oleh pihak hosting. Penyebabnya selalu sama, plugin bStat yang bak pisau bermata dua. Di satu sisi ia dapat membantu meningkatkan trafik natural ke situs kita, namun di sisi lain, pemakaian sumber daya databasenya yang lumayan besar membuat banyak web hosting enggan memberi ijin. Salah satunya yang cukup paranoid terhadap bStat adalah Dreamhost. Jadi jangan kaget kalau tiba-tiba plugin tersebut di-disable tanpa pemberitahuan oleh staff Dreamhost apabila kita nekat menggunakannya (terutama untuk situs yang berpengunjung lumayan ramai).


Sedikit curhat, setelah sempat menjadi kaum nomaden (alias pindah-pindah hosting) gara-gara bStat, beberapa waktu lalu saya sempat menemukan cara yang saya rasa bakal membuat keberadaan situs saya di satu web hosting menjadi permanen. Idenya sederhana, letakkan file-file Wordpress di satu server hosting dan databasenya di server hosting lain yang mendukung remote access.


Jika Anda ingin mencoba cara di atas, pastikan terlebih dahulu bahwa database di server hosting Anda dapat diakses secara remote. Tidak semua web hosting memperbolehkan hal ini. Salah satunya yang boleh adalah MediaTemple.Net dan Servage.Net

Cara ini sempat langgeng selama beberapa bulan.. sebelum akhirnya pesan peringatan yang membosankan itu muncul kembali. Lagi-lagi penggunaan bStat tiba di satu titik dimana aksesnya terlalu membebani server. Akibatnya, selama 2 hari terakhir salah satu situs kesayangan saya tidap dapat beraksi menyumbang dolar karena databasenya terkena skors (baca: suspended). Untuk berpindah hosting jelas tidak semudah membalikkan telapak tangan karena ukuran database saya mencapai 500MB (85%-nya adalah tabel-tabel milik bStat).


Namun mungkin pepatah lama itu benar apa adanya. Apabila menghadapi suatu masalah pelik yang mendesak, manusia akan dapat berpikir dan bekerja lebih cepat dari biasanya. Tiba-tiba saja terlintas untuk "memodifikasi" tehnik remote database sebelumnya dan menggunakan database sekunder (yang terletak di server hosting lain) khusus untuk menyimpan tabel-tabel milik bStat saja. Dengan cara ini, setidaknya beban akses database di server sekunder tersebut jauh berkurang.


Untuk implementasinya, pada dasarnya kita cukup membuat instance baru dari class WPDB (yang menangani pengaksesan database) bawaan Wordpress. Sayangnya, entah kenapa, penciptaan instance ini tidak bisa dilakukan melalui plugin (mengakibatkan fatal error), sehingga satu-satunya cara adalah dengan meng-hack core script dari Wordpress.


Berikut ini langkah-langkahnya:



  1. Siapkan database sekunder Anda (yang terletak di server hosting sekunder). Pindahkan tabel-tabel bStat (lupa namanya, ada 2 tabel dan nama keduanya berawalan "bstat_") ke dalam database sekunder tersebut.

  2. Buka file wp-includes/wp-db.php. Di bagian akhir, sebelum baris berikut:

    PHP:






    1. ?>






    tambahkan:



    PHP:






    1. if ( ! isset($wpdb2) )



    2. $wpdb2 = new wpdb(user, pass, dbname, host);






    Sesuaikan nilai user, pass, dbname, dan host dengan informasi login database Anda di server hosting sekunder. Simpan file / upload.


  3. Buka file wp-content/plugins/bstat.php. Ubah semua teks "wpdb" yang ada dengan "wpdb2". Simpan file / upload.

  4. Selesai!


Tidak terlalu sulit bukan? Dengan sedikit susah payah di atas, sekarang Anda dapat tetap memanfaatkan keajaiban plugin bStat dan sedikit memperingan tugas SEO Anda (meskipun harus berkorban sedikit uang untuk menyewa server hosting tambahan).


Semoga bermanfaat :)



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 10 March 2008. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...