Soy Tu Duena Episodes and Clips, Watch Soy Tu Duena Videos Free Soy tu dueƱa capitulo Movie Telenovela Amor Real.

Pages

Wednesday, January 13, 2010

Nokia E72, BB Killer atau Killed by BB?

Kemunculan ponsel bisnis anyar buatan Nokia E72, tampaknya memang dihadapkan langsung dengan ponsel besutan RIM, BlackBerry (BB). Seberapa handalkah ponsel yang mendapat julukan BB Killer ini?

Sebagai ponsel bisnis Nokia E72 memang telah dipersenjatai beragam fitur penunjang bagi para pengguna ponsel yang mengusung kemudahan berinternet. Ponsel yang juga merupakan penerus E71 ini, juga memiliki beragam fitur dan spesikasi yang ditingkatkan dari seri generasi sebelumnya.

Penerus Tahta Kejayaan E71

E71 boleh dibilang salah satu ponsel bisnis besutan Nokia yang cukup sukses di pasaran. Nah, kehadiran E72 ini coba melanjutkan kejayaan serupa di tengah serbuan ponsel bisnis yang masuk ke Tanah Air, seperti BlackBerry.

Sekilas produk ini tidak berbeda jauh dengan E71, bentuknya yang ramping serta berbalut bahan metal merupakan bentuk pengembangan dari E71. Mesi demikian, keypad qwerty yang digunakan malah lebih mirip E63 ketimbang E71.

Selain itu, masih ada lagi beberapa persamaan seperti bentang layar LCD seluas 2,36 inchi dengan resolusi layar 320×240 piksel, slot microSD card, Symbian S60 3rd Edition, dan FM radio.


Di luar kesamaannya, Nokia coba mengoptimalkan beberapa fitur dalam ponsel ini. Semisal, kecepatan prosesor yang ditingkatkan menjadi 600Mhz hampir 2 kali lipat dari E71 yang hanya berkecepatan 369Mhz.

Lalu kecepatan data yang juga ditingkatkan menjadi HSDPA sampai 10 Mbps dan dukungan HSUPA hingga 2 Mbps. Transfer data yang amat besar memang, namun sangat mubazir mengingat koneksi di Indonesia tercinta ini belum sampai sejauh itu.

Namun ada satu hal yang cukup menggiurkan dari ponsel ini, yakni telah menggunakan Optical TrackPad untuk memuluskan navigasi. Meski bernama TrackPad, namun jangan harap menjumpai kenyamanan bernavigasi seperti pada notebook.

Optical Trackpad yang digunakan dalam E72 masih terasa kurang mulus dan presisi. Ditambah lagi, ruang gerak pada bagian TrackPad masih dibatasi dengan tombol 4 arah khas nokia.

Bagusnya, tombol 4 arah tersebut tidak berbalut metalik seperti yang biasa dijumpai pada E71, E63 ataupun E61. Jadi pengguna tidak akan khawatir akan 'terjangkit' koros atau karat pada tombol tersebut.

Untuk masalah pengetikan, tidak perlu khawatir. Meski keypad qwerty yang dimilikinya terlihat kecil, namun mengetik menggunakan ponsel ini tergolong nyaman dan bahkan jarang dijumpai salah pencet. Ditambah lagi setiap tuts pada keypad terasa kokoh dan empuk.

Berselancar di internet menggunakan ponsel ini juga tergolong sangat cepat. Berkat dukungan Adobe Flash yang dimiliki, E72 dapat menampilkan sebuah situs layaknya pada PC tanpa kendala apapun.

Daya tahan baterainya pun tergolong luar biasa, meski telah detikINET gunakan untuk beragam aktivitas sehari-hari (seperti melakukan panggilan, sms, browsing dan sedikit mendengarkan lagu) baterai Li-Po 1500 mAh (BP-4L) yang dimiliki, sanggup bertahan hampir 3 hari pemakaian.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...