Soy Tu Duena Episodes and Clips, Watch Soy Tu Duena Videos Free Soy tu dueƱa capitulo Movie Telenovela Amor Real.

Pages

Monday, December 31, 2007

Kilas Balik Google AdSense 2007 - Bagian 1

Kilas Balik Google AdSense 2007 - Bagian 1


Seperti yang dijanjikan, ini dia artikel mengenai kilas balik Google AdSense di tahun 2007 yang akan segera kita tinggalkan. Tulisan akan berisi perubahan-perubahan yang terjadi dalam program Google AdSense, termasuk perubahan TOS dan fitur mereka. Saya selipkan pula sedikit analisa dan pendapat saya mengenai perubahan-perubahan tersebut, jika tidak malas, hehehe. Dan satu lagi, karena jadinya agak panjang apabila digabung menjadi satu, maka artikel sengaja saya pisah menjadi tiga bagian. Selamat menikmati :)



Januari 2007


Peristiwa paling heboh di bulan Januari 2007 mungkin adalah perubahan aturan main Google AdSense yang melarang adanya iklan kompetitif untuk tampil di situs yang sama. Hal ini sempat menimbulkan kerancuan mengenai batas-batas dimana sebuah iklan masuk dalam kategori kompetitif atau tidak. Untungnya, beberapa hari kemudian Google memberikan klarifikasi mengenai competitive ads tersebut.


Iklan Kompetitif adalah iklan yang memiliki tampilan sama dengan unit iklan Google AdSense, khususnya text unit pada AdSense for Content, sehingga dapat menimbulkan kerancuan dari sisi pengunjung yang melihatnya.

Selain perubahan TOS, Google AdSense juga meluncurkan sebuah fitur baru yang tidak terlalu bermanfaat, yaitu pemberian label Ad Placement untuk unit iklan kita. Label ini dapat dijadikan patokan bagi pemasang iklan untuk mengetahui dimana iklannya nanti akan dimunculkan. Pada kenyataannya, jarang sekali ada advertiser AdWords yang memanfaatkan fitur site targeting ini.


Satu kejadian lagi seputar Google AdSense adalah di-merger-kannya produk Picassa ke dalam Google Pack. Ini sekaligus meniadakan referral Picassa dan menggantinya dengan referral Google Pack.


Februari 2007


Yang menarik di bulan Februari 2007 adalah perubahan struktur komisi yang diberikan oleh Google AdSense terhadap produk-produknya, termasuk komisi referral Google AdSense itu sendiri. Aturan komisi yang baru bahkan memungkinkan kita untuk mendapatkan hingga $2,000 dari referral belaka. Pihak Google AdSense juga memberikan sedikit pencerahan mengenai tehnik promosi yang dihalalkan untuk produk referral mereka.


Satu perubahan lagi adalah di sisi tampilan unit iklan AdSense dimana iklan produk yang mendukung pembelian melalui Google Checkout akan otomatis muncul dengan tambahan gambar troli belanja di sampingnya.


Maret 2007


Satu-satunya peristiwa yang berarti di bulan Maret 2007 adalah penambahan Google Checkout ke dalam daftar produk referral Google AdSense. Itu saja.


April 2007


Banyak kejadian seputar AdSense di bulan April 2007 ini. Yang pertama adalah masuknya Google Apps ke dalam produk referral Google AdSense. Kedua, tampilan unit iklan AdSense yang mengalami perubahan. Lumayan seksi :)


Yang ketiga, Google AdSense memperkenalkan fitur baru, yaitu sebuah Inbox di dalam akun AdSense kita. Inbox ini akan berisikan saran-saran seputar optimasi AdSense dari tim Google AdSense. Sayangnya, sejauh yang pernah saya terima, saran-saran ini agak basi dan hanya berdasar pada tips-tips optimasi AdSense yang telah ada (sori, lupa linknya).


Yang terakhir, pihak Google AdSense memberikan banyak klarifikasi seputar TOS yang cukup penting untuk disimak. Diantaranya mengenai penggunaan traffic exchange untuk promosi, pengimplementasian unit iklan AdSense, serta penggunaan kata-kata di halaman ber-AdSense yang tidak seharusnya dilakukan.



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 30 December 2007. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...