Soy Tu Duena Episodes and Clips, Watch Soy Tu Duena Videos Free Soy tu dueƱa capitulo Movie Telenovela Amor Real.

Pages

Tuesday, April 1, 2008

Gelombang Situs Iklan Baris

Gelombang Situs Iklan Baris


Beberapa bulan terakhir, dunia internet Indonesia diserbu oleh munculnya situs-situs iklan baris baru. Ya, jenis situs yang sudah ada sejak dulu itu tiba-tiba menjadi tren di kalangan webmaster lokal. Bahkan ada yang bilang bahwa kalau gak punya situs iklan baris berarti kita gak gaul! Gak ding, yang barusan itu cuman ngarang, hehehe. Tapi yang jelas, faktanya, saat ini 1 dari 5 webmaster pasti punya situs iklan baris. Wow!


Iya, iya, angka 1 dan 5 di atas juga ngarang kok. Tapi soal hebohnya situs iklan baris adalah suatu fakta yang dapat dipertanggungjawabkan secara moral. Bahkan, tidak jarang ada satu webmaster yang memiliki jaringan situs iklan baris sendiri.


Sebenarnya apa sih yang membuat situs jenis ini menarik untuk dimiiliki?


Market


Pasar pencari maupun pemasang iklan di Indonesia termasuk cukup menjanjikan. Siapa sih yang gak mau pasang iklan dengan gratis? Mudah pula, gak ribet seperti kalau pasang iklan di media cetak. Sehingga meskipun pemain situs iklan baris lokal sudah cukup bejibun, masih banyak celah untuk dimasuki. Terutama yang niched.


Self-Growth


Karena materi iklan hampir sepenuhnya berasal dari advertiser, maka tanpa perlu kita urus sekalipun, situs iklan baris dapat berkembang dengan sendirinya. Tentu dengan catatan, situs tersebut memiliki akses masuk, baik tautan dari situs lain, iklan PPC, search engine, dan sebagainya.


Mudah Dibuat


Selain sudah banyak beredar script classified ads siap pakai, baik yang gratis maupun berbayar, membuat situs iklan baris sendiri dengan hanya berbekal Wordpress dan plugin pendukung juga bukan merupakan hal yang sulit. Sebagai contoh, situs IklanMobil.Org yang saya gunakan sebagai test project untuk kasus ini hanya butuh waktu kurang lebih 2 jam untuk mempersiapkan dan men-setting Wordpress dan pluginnya. So, wajar saja apabila setiap hari situs iklan baris baru bermunculan.


Moneytizing


Salah satu keran penghasilan dari situs iklan baris adalah direct ads. Hampir semua situs sejenis yang sudah established sepertinya membuka kesempatan bagi pemasang iklan untuk membeli spot iklan premium. Beberapa nekat pula memajang Google AdSense untuk menambah pundi-pundi dolarnya, meskipun sebenarnya konten berbahasa Indonesia belum diperbolehkan sepenuhnya untuk di-AdSense-nisasi.




Tertarik untuk bikin situs iklan baris sendiri? Tunggu saja tutorialnya :)



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 30 March 2008. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...