Soy Tu Duena Episodes and Clips, Watch Soy Tu Duena Videos Free Soy tu dueƱa capitulo Movie Telenovela Amor Real.

Pages

Tuesday, April 1, 2008

Panduan Instalasi OpenX - Bagian 2

Panduan Instalasi OpenX - Bagian 2


Pada bagian pertama kita telah mempelajari langkah demi langkah instalasi OpenX. Nah, untuk bagian kedua ini (dan ketiga nanti), kita akan belajar untuk menggunakan OpenX sebagai ad manager di situs kita. Sebelum mulai, Anda bisa melakukan pengaturan setting terlebih dahulu pada bagian Penyetelan, namun pada umumnya, default konfigurasi dari OpenX sudah cocok untuk digunakan tanpa perlu adanya modifikasi lebih lanjut. Nah jika sudah siap, silahkan lanjut ke paragraf berikutnya :)


Dalam OpenX, ada beberapa istilah umum yang harus Anda pahami:



  • Pemasang Iklan / Advertisers, yaitu orang yang memasang iklan di situs Anda.

  • Kampanye / Campaigns, yaitu kampanye iklan yang dilakukan oleh Pemasang Iklan. Satu Pemasang Iklan dapat memiliki lebih dari Kampanye.

  • Penerbit / Publishers, yaitu orang yang situsnya dapat dipasangi iklan.

  • Zona / Zones, yaitu zona iklan di situs milik Penerbit yang bersangkutan. Mirip seperti format-format iklan pada Google AdSense. Satu Penerbit dapat memiliki lebih dari satu Zona.


Elemen-elemen di atas memegang peranan penting dalam OpenX. Keempatnya dapat Anda temui pada bagian Inventori.


Free Image Hosting At ImageCows.Net


Mempersiapkan Penerbit dan Zona Iklan


Langkah awal yang harus kita lakukan adalah mengatur setting Penerbit. Anda dapat membuat Penerbit baru atau mengubah akun Penerbit default yang telah disediakan oleh OpenX. Untuk percobaan kali ini, kita gunakan pilihan yang kedua.


Berikut langkah-langkahnya:



  1. Masuk ke bagian Inventori. Klik Penerbit dan klik Default Publisher pada daftar penerbit yang muncul.

  2. Apabila Anda menggunakan OpenX untuk pribadi, yang perlu Anda ubah hanyalah bagian Informasi Dasar. Abaikan setting yang lain, kecuali jika Anda berencana untuk membagi akses OpenX Anda dengan orang lain. Klik tombol Simpan Perubahan untuk melanjutkan.

    Free Image Hosting At ImageCows.Net


  3. Tahap berikutnya adalah melakukan pengaturan Zona Iklan. Sama seperti sebelumnya, Anda dapat membuat zona baru atau mengubah dua zona default yang telah disediakan. Untuk kali ini, kita coba untuk membuat zona baru, so, klik pada tautan Tambah Zona Baru.

    Free Image Hosting At ImageCows.Net


    Pada bagian Tambah Zona Baru ini, rasanya hampir semua setting yang dibutuhkan sudah cukup jelas. Berikan Nama dan Deskripsi yang informatif untuk mempermudah kita mengenali zona tersebut. Pada Jenis Zona, tentukan jenis iklan dari zona tersebut, apakah banner biasa atau iklan teks misalnya. Selanjutnya, apabila jenis iklan yang digunakan bukan teks, maka Anda harus menentukan juga Ukuran dari iklan tersebut. Terakhir, apabila Anda melakukan charge ke Pemasang Iklan berdasarkan perhitungan tersendiri (CPM, CPA, etc), atur pula pada bagian Media Cost dan Technology Cost. Abaikan keduanya jika iklan Anda berdasarkan hitungan waktu (seperti di blog ini).


    Jika sudah selesai, tekan tombol Berikutnya untuk melanjutkan.


  4. Pada bagian berikutnya, ada pengaturan Tingkat Lanjut dari zona iklan yang Anda buat. Bagian terpenting adalah Stelan Rantai dimana Anda bisa menentukan default zona yang dimunculkan sebagai pengganti apabila tidak ada iklan pada zona yang Anda buat tersebut. Klik Simpan Perubahan untuk melanjutkan.

    Free Image Hosting At ImageCows.Net


  5. Abaikan bagian Banner Yang Di-Link serta Kemungkinan, dan klik pada bagian Kode Invokasi. Di bagian ini kita akan mendapatkan kode yang perlu kita tambahkan ke halaman situs kita agar iklan-iklan yang nantinya kita masukkan ke dalam zona iklan yang telah kita buat barusan dapat muncul secara otomatis di situs kita. Pada Please choose the type of banner invocation, pilih jenis kode iklan yang ingin Anda gunakan (biasanya saya menggunakan Java Script). Sebelum Anda melakukan kopi-paste, ubah dulu parameter-parameter kode sesuai dengan yang Anda inginkan dan klik tombol Menyegarkan untuk me-refresh kode zona.

    Free Image Hosting At ImageCows.Net


  6. Selesai! Tambahkan zona-zona iklan (atau Penerbit) yang lain jika diperlukan sebelum Anda mulai menerima Pemasang Iklan.




Karena bagian kedua ini (ternyata) cukup panjang (padahal rencananya seri artikel ini hanya ada dua bagian saja), maka untuk pengaturan Pemasang Iklan dan Kampanye akan saya jelaskan pada bagian ketiga. Besok. Atau lusa. Atau beberapa hari lagi. Tunggu aja, hehehe.



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 31 March 2008. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...