Soy Tu Duena Episodes and Clips, Watch Soy Tu Duena Videos Free Soy tu dueƱa capitulo Movie Telenovela Amor Real.

Pages

Saturday, April 5, 2008

Plonco Ala Google?

Plonco Ala Google?


Minggu lalu, dua situs saya secara bersamaan bangkit dari kuburan sandbox Google. Situs pertama terpuruk di kotak pasir sejak sekitar awal tahun ini, sedang yang kedua baru 1.5 bulan saja dikucilkan oleh mesin pencari nomer di internet itu. Sekembalinya dari kegelapan, ternyata ada yang menarik perhatian saya dari kedua situs tersebut, yaitu nilai CPC yang meningkat DRASTIS! Tidak, bukan sekedar 2x atau 3x lipat, saya bicara tentang peningkatan CPC sebesar 6x - 10x lipat! Amazing, isn’t it?


Kasus ini membuat saya berpikir. Jangan-jangan sandbox sebenarnya adalah cara Google (dan Google AdSense) untuk menguji itikad kita dalam membuat situs. Masa-masa ospek kalau mengacu pada istilah pendidikan. Kalau selama diplonco situs web kita tetap diurus, ya berarti situs tersebut memang situs beneran. Bukan situs jadi-jadian ala MFA.


Memang selama masa mati suri, saya tetap meng-updet kedua situs tersebut, meskipun frekuensinya tidak sesering sebelumnya. Saya juga tidak melakukan perubahan apa pun dari sisi desain / layout. Satu-satunya tindakan yang saya lakukan adalah menghapus backlink-backlink yang berasal dari situs yang tidak berhubungan topiknya. Mungkin juga ini yang menyebabkan keduanya masuk ke dalam sandbox dan akhirnya dikeluarkan kembali.


Inti dari postingan ini sebenarnya adalah, apabila kita membuat situs web dan mengurusnya dengan serius, tanpa memikirkan *potensi* penghasilan (baca: CPC), it’ll eventually paid off. Bahkan pada saat didera masalah seperti sandbox sekalipun. Jika di-audit dari keseluruhan portfolio jaringan situs saya, yang dibuat dengan pola pikir interest-oriented justru lebih banyak menghasilkan dibandingkan yang money-oriented. Mungkin karena tanpa saya sadari, saya lebih serius dalam mengurus situs yang topiknya saya minati dibandingkan dengan yang sekedar bernilai bid tinggi.


Oleh karena itu, daripada berusaha meniru situs milik orang lain yang katanya berpenghasilan besar dan buntut-buntutnya kita hanya copy-paste artikel-artikelnya, jauh lebih baik jika kita membuat situs sendiri dengan topik yang benar-benar kita nikmati. Silahkan percaya, silahkan tidak, tapi pengalaman sudah mengajarkan pada saya :) *sok bijak*


Dan satu lagi. Kalau CPC kecil, SERP drop, atau bahkan masuk ke dalam sandbox, ingat baik-baik, mungkin Google sedang mem-plonco situs Anda…



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 5 September 2007. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...