Soy Tu Duena Episodes and Clips, Watch Soy Tu Duena Videos Free Soy tu dueƱa capitulo Movie Telenovela Amor Real.

Pages

Saturday, May 24, 2008

Tentang MyBlogLog

Seperti dijanjikan kemarin, berikut ini artikel tentang MyBlogLog (MBL). Meski pembahasan berfokus pada MBL, saya yakin sebagian besar isi artikel ini dapat pula diimplementasikan pada layanan-layanan sejenis. Di antaranya: SpicyPage, Explode, OthersOnline, dan BlogCatalog. MBL sendiri adalah pelopor layanan jenis ini, sehingga wajar bila dibandingkan yang lain, MBL lebih banyak pengikutnya.


Sebenarnya seperti apa layanan yang diberikan oleh MBL?


Penjelasan yang paling sederhana adalah bahwa MBL adalah jembatan penghubung antara blog dengan pembaca / pengunjung blog kita tersebut. Dengan memasang widget MBL, kita dapat mengetahui siapa saja pengguna-pengguna MBL yang berkunjung ke blog kita. Selanjutnya kita dapat melakukan kunjungan balasan ke blog mereka jika perlu.


Selain itu, MBL juga menyediakan fitur untuk membangun komunitas blog. Apabila seorang member MBL secara rutin berkunjung ke salah satu blog member MBL yang lain, maka pada titik tertentu ia akan otomatis tergabung dalam komunitas blog tersebut. Anggota MBL juga dapat langsung bergabung dalam komunitas suatu blog tanpa harus berulangkali berkunjung.


Untuk bergabung dengan komunitas blog CosaAranda.Com misalnya, Anda dapat langsung menuju ke halaman ini, hehehe.


Saya tidak akan membahas keuntungan membangun komunitas karena sudah berulangkali saya singgung. Misalnya di artikel “12 Plugin Komentar Untuk Wordpress Yang Mendukung Pengembangan Komunitas Blog” dan “Pengunjung Berbasis Komunitas“. Intinya hanya satu, semakin besar dan loyal komunitas Anda, semakin bagus.


Berikut ini beberapa tips sederhana untuk membangun komunitas MBL:



  1. Pasang widget MBL di blog Anda. Ya ini sudah jelas, kalau gak ada widgetnya, bagaimana orang bisa bergabung dalam komunitas Anda, hehehe. Letakkan widget di tempat yang jelas terlihat sehingga yang belum bergabung dengan MBL pun akan tertarik. Kalau perlu tambahkan kalimat ‘hasutan’ di bawahnya :)

  2. Beri info atau tawaran ekstra bagi komunitas MBL Anda. Ini dimungkinkan dengan adanya fitur untuk mengirim pesan kepada seluruh anggota komunitas Anda. Untuk yang satu ini terus terang saya juga belum memanfaatkan, karena masih belum tahu apa yang mau ditawarkan, hehehe.

  3. Saat memberikan komentar di blog lain, gunakan URL komunitas MBL blog Anda. Dengan demikian, apabila ada yang mengklik link tersebut, maka ia akan masuk ke halaman komunitas MBL terlebih dahulu dan memperbesar kemungkinan untuk bergabung sebagai anggota.


Ngomong-ngomong, tahukah Anda bahwa halaman komunitas MBL juga dapat memberikan suntikan backlink pada blog Anda? :)



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 19 May 2008. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...