Soy Tu Duena Episodes and Clips, Watch Soy Tu Duena Videos Free Soy tu dueƱa capitulo Movie Telenovela Amor Real.

Pages

Sunday, August 29, 2010

Gunung Sinabung Meletus

Gunung Sinabung Meletus, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Untungta Kaban mengatakan meletusnya Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, berjarak lebih dari 90 kilometer dari Kota Medan, diluar perkiraan dan analisis. Saat ini warga di sekitar gunung kembali dievakuasi.

Gunung Sinabung Meletus
, “Ini diluar perkiraan kami dan tim Pusat Vulkanologi, Mitigasi Bencana Geologi,” ungkap Untungta kepada Tempo, Minggu (29/8) dinihari, melalui sambungan telepon. Sebelumnya, Untungta beserta pejabat Pemkab Tanah Karo, Sabtu (28/8) kemarin, telah melakukan sosialisasi kepada warga mengenai keamanan Gunung Sinabung.

Kepanikan ribuan warga yang bermukim di dekat Gunung Sinabung, berketinggian 2.460 meter, kembali terjadi. Gunung Sinabung yang semula diperkirakan tidak akan meletus, pada pukul 00.00 WIB mengeluarkan lava dan kabut disertai abu.

Awalnya diasumsikan, gunung berapi itu tidak akan meletus. Hingga warga diminta kembali ke rumah masing-masing. Warga yang mengungsi sejak Jumat malam lalu, berasal dari kecamatan yang berdekatan dengan Gunung Sinabung, Kecamatan Naman Teran dan Kecamatan Payung.

“Karena ini masuk gunung tipe B, aktif normal, dan sejak 400 tahun lalu tak ada lagi letusan,” kata Untungta. “Mungkin ini kehendak yang kuasa,” lanjut Untungta yang mengaku baru saja tiba di Medan sehabis melakukan sosialisasi kepada warga di kawasan Gunung Sinabung, memiliki ketinggian 2.460 meter.

Untungta mengimbau warga agar menjauhi Gunung Sinabung minimal hingga radius 6 kilometer. “Itu jarak pencapaian kabut abu. Kalau lava hanya mencapai lereng dari erupsinya,” jelas Untungta.

Evakuasi hingga saat ini masih dilakukan. Sekretaris Satuan Pelaksanaan Penanggulangan Bencana dan Pengungsi Kabupaten Tanah Karo, Suang Kaban mengatakan, evakuasi kepada warga hingga pukul 01.00 WIB masih berlangsung. “Satu unit bus disediakan dan sudah bolak-balik (pulang-pergi),” katanya.

Warga yang dievakuasi berasal dari desa di Kecamatan Naman Teran dan Kecamatan Payung. “Mereka mengungsi ke Kota Berastagi dan Pendopo Rumah Dinas Bupati, jaraknya mencapai 20 kilometer,” kata Saung.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...